Wednesday, April 24, 2019

Tugas GK 2 Shading & Lighting

BLENDER 3D MODELLING (SHADING & LIGHTING) 

Anggota Kelompok :
   Aqil Statra 51416001
   Melky Firmansyah K 54416370

Shading digunakan untuk menggambarkan tingkat kegelapan di atas kertas dengan memakai alat lukis sambil ditambahkan kerapatannya (density) atau dengan shade yang lebih tua untuk bagian yang lebih gelap, dan dikurangkan kerapatannya atau dengan lindapan yang lebih muda untuk bagian yang lebih terang. Ada beberapa teknik shade, salah satunya arsir silang (cross-hatching), yakni garis serenjang (perpendicular lines) dengan pelbagai keberhampiran (closeness) digambar menggunakan pola kisi (grid pattern) untuk menambahkan shading pada suatu bagian. Semakin berhampirnya garis dengan satu sama lain, semakin gelapnya bagian; semakin tercerainya garis, semakin terangnya bagian. 

Lighting adalah proses pembuatan dan pemberian cahaya pada model sehingga diperoleh kesan visual yang realistis karena terdapat kesan kedalaman ruang dan pembayangan (Shadow) objek. Tanpa adanya lighting, maka objek 3D anda menjadi tidak menarik dan juga tidak realistis.


untuk membuat objek terlihat memiliki bayangan dari lawan arah dimana
cahaya di pantulkan maka kita harus memiliki objek dan sumber cahaya
disini sumber cahaya yang digunakan adalah lamp Spotlight
pastikan arahan kamera pada posisi yang tepat agar dapat menangkap bayangan

Disini kita menggunakan tools Blender 3D modelling


Gambar 1


Gambar 2


Gambar 3


Kamera di letakan pada tampak depan bagian tengah objek, lalu lampu/pencahayaan di letakan pada ketinggian yang disesuaikan seperti dibawah berikut ini

Sudut sumber cahaya yang di amati ada pada letak derajat sebagai berikut :
Gambar 1 = 60o
Gambar 2 = 90o
Gambar 3 = 120o


Diatas merupakan shading dengan metode phong interpolasi
karena bayangan yang ditangkap merupakan hasil dari vektor normal
dari bentuk objek itu sendiri

Kesimpulan : Dengan shading yang optimal dari sudut pengambilan
cahaya yang tepat deskripsi lingkungan keadaan dapat di jelaskan
dengan lebih baik, terutama ketika memainkan timeline alam (senja petang dan malam)

No comments:

Post a Comment